Headline News

29 Mei 2022

Wisata Mulai Bangkit, Kelurahan Braga Terus Berbenah Diri

BANDUNG - Memasuki fase endemi Covid-19, Kota Bandung terus berbenah meningkatkan geliat sektor pariwisata. Salah satu yang menjadi andalan pariwisata Kota Bandung yaitu kawasan Braga.

Wilayah yang berada di jantung Kota Bandung, Braga dikenal tempat wisata heritage yang bersejarah. 

Untuk terus mengembangkan wisata di Braga, Lurah Braga Willy Wiradhika mengaku melibatkan partisipasi warga. Salah satunya yaitu Karang Taruna.

"Memanfaatkan potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat, kami libatkan penuh unsur Karang Taruna," ujarnya kepada Humas Kota Bandung, Sabtu, 29 Mei 2022. 

Ia mengungkapkan, Karang Taruna bekerja sama dengan masyarakat kemudian menghadirkan komunitas kepariwisataan. Komunitas ini diberi nama Braga Heritage.

"Komunitas kepariwisataan dalam aplikasi di lapangannya sebagai kegiatan seperti 'tour guide'. Sehingga warga lokal jadi pemandu wisata untuk memfasilitasi wisatawan," ujarnya. 

Komunitas ini masih terbilang baru. Karena baru terbentuk sekitar 6 bulan lalu. Untuk meningkatkan kapasitasnya, para pemandu wisata dilatih bahasa asing.

"Seperti di Bali, warga menjadi guide untuk wisatawan. Untuk memaksimalkan hal itu, kami juga melakukan kegiatan kerja sama pelatihan bahasa asing agar bisa lebih baik," katanya. 

Willy optimis, dengan berbagai macam potensi di wilayahnya, seperti kafe, resto, hotel hingga jasa lainnya mampu meningkatkan perekonomian warga.

Apalagi, kata Willy, wilayahnya memiliki 18 koperasi, 568 UMKM mulai dari craft, fesyen, jasa, kuliner dan sebagainya. Tak hanya itu, Braga pun memiliki kampung wisata.

Di luar itu, Willy mengingatkan agar wisatawan tetap menerapkan protokol kesehatan saat berkunjung ke Braga. 

"Unsur LKK, LPM, Karang Taruna, PKK turut terlibat menyosialisasikan protokol kesehatan kepada warga dan wisatawan," beber Willy. 

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT