Headline News

27 Maret 2023

Wagub Jabar Resmi Buka SmartTren Ramadan 2023


BANDUNG, SIBER -
Kegiatan SmartTren Ramadan Tahun 2023 di Aula Dewi Sartika, Kantor Dinas Pendidikan Jabar, Kota Bandung, Senin (27/3/2023) Dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum secara virtual. Pembukaan tersebut juga diikuti sekitar 1 juta siswa yang hadir secara virtual.

Ada berbagai rangkaian kegiatan pada SmartTren Ramadan tahun ini. Yaitu, Kajian Islam di Sekolah (KIDS), Infaq Massal Aktualisasi Masagi (IMAM), Gerakan Wakaf Al-Qur’an, Rantang Cinta Pramuka untuk Sesama, Penulisan Mushaf Al-Qur’an, dan ditutup dengan BUBOS7 “Bertasbih” (Berbagi Cinta, Berkah dan Kasih 2023).

Wagub berharap, kegiatan ini mampu mendidik karakter siswa. Sebab, di usia remaja ini banyak perubahan dan besarnya rasa ingin tahu siswa tentang hal-hal baru yang bisa jadi menyimpang.

“Ada hal substansi yang saya harap jadi pembahasan utama, yakni ilmu tauhid dan salat. Melalui kegiatan ini, hal baik yang terjadi adanya penyempurnaan bacaan salat para siswa,” tuturnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan, tujuan SmartTren yakni menjadikan siswa mutakhir yang memiliki sifat taklim (pembelajar), ta’dib (pembiasaan), dan takzim (santun). “Mari kita selalu membentuk karakter dengan baik, mencoba membiasakan berpikir baik, mengucapkan hal baik, dan menjadi kebiasaan yang baik,” ucapnya.

Kadisdik pun mendorong seluruh siswa untuk terus menjadi pribadi baik yang mandiri. “Dengan kebaikan yang dilakukan, itu akan menjadi karakter Adik-adik semua dan akan membawa takdir baik buat Adik-adik semua,” tambahnya.

Program SmartTren Ramadan ini mendapat apresiasi dari Dewan Perwakilan Rayat Daerah (DPRD) Jabar. Wakil Ketua Komisi V DPRD, Abdul Hadi Wijaya menuturkan, SmartTren bisa dibilang merupakan pesantren terbesar di dunia sebab dihadiri oleh jutaan santri se-Jabar yang merupakan siswa SMA, SMK, dan SLB.

“SmartTren sangat positif. Dengan teknologi dan koordinasi yang baik, Disdik Jabar bisa menyelenggarakan pesantren terbesar di dunia,” terangnya.

Gus Ahad, sapaan akrabnya berharap, SmartTren ini dapat menjadikan generasi muda yang taat pada agama, terus belajar mendalami Islam, dan menjadi diri yang berperilaku lebih baik. “Tujuan bulan Ramadan ini akan berimbas pada kita agar lebih takwa, saleh, taat pada sesama, dan saling menghormati,” imbuhnya.

Pembukaan SmartTren Ramadan tahun ini dibuka oleh performa Naysila, siswa SLBN A Citeureup dan dimeriahkan oleh penampilan Cepot dan SMKN 10 Bandung lewat Daway (Dakwah Wayang).

***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT