Headline News

14 Maret 2024

Ini Manfaat Program SMK PK dan Pintar yang Dijalankan SMKN 1 Katapang



 

KAB. BANDUNG –  Program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK di antaranya melalui program SMK Pusat Keunggulan (PK), pada kurikulum merdeka digulirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Jakarta pada tanggal 17 Maret 2021 lalu.

 

Program SMK PK juga merupakan perwujudan visi Presiden Joko Widodo terkait pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia dengan tujuan menghasilkan lulusan yang mudah terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha, melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja.

 

Di Kabupaten Bandung, SMKN 1 Katapang, merupakan salah satu sekolah yang terpilih mendapatkan bantuan program SMK PK, sejak tahun 2021.

 

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Angga Agitia, ST menjelaskan bahwa program SMK PK, sejauh ini sangat dirasakan manfaatnya. Apalagi selama tiga tahun berturut-turut progam ini terus bergulir di SMKN 1 Katapang.

Kata Angga, pada tahun pertama (2021) untuk jurusan teknik elektronika industri, berupa bantuan pembangun fisik, mebeler dan peralatan.

Sedangkan pada pelaksanaan PK tahun kedua (2022), tidak lagi dalam bentuk bantuan fisik dan peralatan tetapi berupa program peningkatan sumber daya manusia untuk jurusan teknik elektronika industri dan teknik kendaraan ringan/otomotif, dalam bentuk pelatihan-pelatihan dan workshop bagi guru jurusan ini.

“Lalu di tahun ketiga (2023) program PK lanjutan untuk jurusan otomotif, sama seperti tahun kedua programnya dalam bentuk pelatihan-pelatihan bagi guru,” kata Angga, Kamis (14/3/2024).

Di samping program SMK PK, SMKN 1 Katapang pun sedang mematangkan model pembelajaran teaching factory (TeFa) untuk tiga jurusan yakni teknik penyempurnaan tekstil, broadcasting dan teknik kendaraan ringan/otomotif.

Diketahui pembelajaran teaching factory (TeFa) adalah model pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.

“Untuk jurusan otomotif insya Allah di tahun ajaran baru di kelas industri, akan menyesuaikan skema yang ada di Daihatsu,” kata Angga.

Lanjutnya TeFa jurusan otomotif SMKN 1 Katapang akan membuka jasa service berkala.

Pembelajaran Tefa ini, nantinya untuk memenuhi syarat menjadi sekolah Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD).

Dalam kesempatan yang sama Kepala Program Teknik Kendaraan Ringan Andi Lesmana, S.Pd., menambahkan bahwa jurusan teknik kendaraan ringan sudah beberapa tahun ke belakang, bekerja sama dengan PT Astra Daihatsu Motor dalam program Pintar Bersama Daihatsu (PBD).

“Untuk kegiatan TeFa nya kita bekerja sama dengan authorized Daihatsu yakni PT Kharisma Siliwangi Daihatsu Kopo.”

“Untuk agenda TeFa nya, setelah uji kompetensi, rencananya akan beroperasi satu minggu sekali, yakni perawatan berkala (kendaraan roda empat),” kata Andi.

Andi pun menjelaskan mengenai Re-MoU SMKN 1 Katapang dengan PT Astra Daihatsu Motor, di SMK Karnas Kuningan yang dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2024.

Kata Andi, SMKN 1 Katapang mendapatkan kepercayaan kembali untuk menandatangani MoU perpanjangan kerja sama program PBD.

Ini merupakan kolaborasi dunia industri dengan pendidikan selaras dengan salah satu pilar program CSR (Corporate Social Responsibility), yakni Pintar Bersama Daihatsu, bersama 21 SMK lainnya di Jabar.

“Lingkupnya tidak hanya memberikan bantuan secara fisik saja, tetapi juga membangun sistem sekolah, mengenai sinkronisasi kurikulum, semua guru (jurusan otomotif) sudah mengikuti Diklat, dan terakhir toolman kami pun sudah mengikuti Diklat, pada Jum’at kemarin.”

“Kemudian membentuk budaya kerja yang ada di sekolah dalam menyiapkan siswa masuk ke industri,” kata Andi.

Sedangkan untuk perekrutan lulusan, menjadi prioritas serta diberi kesempatan mengikuti tes di PT Astra Daihatsu Motor.

“Makanya program PBD, menyiapkan siswa kami agar siap dengan budaya kerja di industri. Jadi ketika tes tidak terlalu kaget,” pungkas Andi.***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT