Headline News

16 Maret 2024

Tingkatkan Wawasan Siswa, SMK Pariwisata Telkom Bandung Gelar Program Guest Lecture




BANDUNG - Ratusan siswa dari program keahlian usaha layanan pariwisata, kuliner dan akomodasi perhotelan SMK Pariwisata Telkom Kota Bandung, mengikuti program guest lecture.

Sekolah yang dipimpin oleh Khadafiah Hilmi, S.Pd., M.M., sengaja mendatangkan para ahli atau pakar untuk berbagi pengalaman dan memaparkan keilmuannya.

 

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Mulia, S.Pd., M.Pd., menjelaskan bahwa kegiatan ini diadakan setiap dua minggu sekali.

“Temanya macam-macam ada tentang entrepreneur, dari dunia industri, hotel, kesehatan, macam-macam, yang penting itu related (ada kaitannya) dengan yang kami ajarkan di sini dan akan didapatkan di dunia nyata nantinya, pada saat mereka nanti akan lulus,” kata Lia, hari Jum’at (15/3/2024).

Kegiatan ini kata Lia tidak lain untuk menambah serta mengembangkan wawasan siswa SMK Pariwisata Telkom Bandung.

Yang diundang sebagai pembicara tidak hanya seorang pakar dan ahli saja, juga sering mengundang artis, yang memiliki potensi memotivasi siswa dalam ruang lingkup kepekerjaan.

“Bagaimana meningkatkan keinginannya dan pembelajarannya lebih luas,” kata Mulia.

Untuk  pelakasanaan kegiatan ini sendiri sudah diadakan semenjak pandemi Covid-19.

“Karena pembelajaran banyak daring waktu itu, makanya kami coba mengundang bintang tamu dari luar, secara daring. Sekarang mah sudah offline (tatap muka langsung).”

“Contohnya seperti hari ini, mengundang dari Hotel Hilton Bandung untuk menyampaikan terkait dengan tata tertib, house rules yang ada di hotel serta pengembangan karir di Hotel,” kata Lia.

Front Office Manager Hotel Hilton Bandung, Ryan Aditya dalam kesempatan ini ia memberikan materi mengenai peran sentral seorang front office hotel.

Pasalnya kata Ryan front office merupakan orang pertama yang langsung bertemu dan menyambut tamu hotel.

Berikutnya menumbuhkan kebanggaan sekaligus profesionalisme dalam organisasi hotel sebagai front office.

“Ini juga bagian dari sharing sessions (berbagi pengalaman) mengenai ilmu front office kepada community (komutisas) salah satunya ke SMK Pariwisata Telkom ini,” kata Ryan.

Adapun yang diinformasikan Ryan mengenai front office Hotel Hilton yang memiliki lima seksi, seperti concierge atau pramutamu, guest service & guest relation, operator, executive lounge dan recreation.

“Mereka jadi tahu gambaran front office di hotel itu seperti apa.”

Lanjutnya kata Ryan siapapun yang bekerja di bidang housepitality (pelayanan) harus memahami pola pikir mengenai housepitality secara profesional.

“Artinya bahwa housepitality bukan hanya keramahan tapi juga harus memiliki passion in delivering guest exeptional, guest experience, (semangat dalam memberikan pengalaman yang luar biasa kepada tamu),” kata Ryan.

Tidak kalah penting harus mengusai bahasa Inggris.

Berikutnya, kata Ryan mereka harus berani dan melakukan sesuatu yang baru.***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT