Headline News

8 Maret 2024

Pasundan Mapag Ramadhan: Ribuan Siswa Pasundan Ikuti Kajian Agama




BANDUNG - Pengurus Besar (PB) Paguyuban Pasundan melalui Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) menggelar Pasundan Mapag Ramadhan 1445 Hijriah dengan tema “Ramadhan Cageur Oge Hade (Rancage)” di Masjid Raya Bandung pada Jumat (8/3/2024). Acara ini diisi dengan tausiyah dari Ustad Baba Feylian.

Acara Mapag Ramadhan 1445 H ini dihadiri oleh Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si, Sekjen Paguyuban Pasundan Prof. Dr. H. Dedi Hadian, M.M., Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi (YPT) Pasundan Dr. Makbul Mansyur, M.Si., Ketua Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan, Dr. H. Dadang Mulyana, M.Si., kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang ada dibawah naungan Paguyuban Pasundan serta ribuan siswa SMP, SMA dan SMK Pasundan se-Jawa Barat.

Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si, mengatakan bulan Suci Ramadhan membawa keberkahan, kedamaian, ketentraman. Oleh karena itu, pada bulan Ramadhan ini, harus diawali dengan saling menghargai, menghormati dan memaafkan atas segala kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan antara kita.

“Mudah-mudahan kita pada Ramadhan ini memanfaatkan momentum untuk kebaikan kemashalahatan dan kejayaan Indonesia,” kata Prof. Didi.

Prof. Didi menyampaikan bahwa kegiatan dalam menyambut Ramadhan ini dilakukan juga di perguruan tinggi yang ada di bawah naungan Paguyuban Pasundan. Kegiatan itu meliputi kajian agama, santunan dan kegiatan lainnya.

“Itu adalah program rutin bagi keluarga Pasundan pada bulan Suci Ramadhan untuk berbagi kepada sesama. Sehingga merasakan betul betapa nikmatnya di Ramadhan itu,” ucapnya.

Perkuat Karakter Keislaman Siswa Pasundan

Ketua Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan, Dr. H. Dadang Mulyana, M.Si., menuturkan ingin sekolah-sekolah Pasundan dalam rangka menjemput Ramadhan ada kegiatan-kegiatan yang berbau keagaman dan memperkuat karakter keislaman.

“Oleh karena itu dalam acara ini menghadirkan Ustadz yang memberi penguatan karakter keislaman kepada anak didik. Terutama kepada sekolah-sekolah Pasundan. Karena semangat sekolah Pasundan itu bukan hanya menyiapkan kader-kader bangsa yang memenangkan persaingan tapi juga memiliki kekuatan karakter untuk tetap membela bangsa dan negara Indonesia ke depan,” katanya.

Dadang mengatakan berdasarkan catatan terakhir 2024, jumlah siswa Pasundan di Jawa Barat dan Banten berjumlah sekitar 65.000 siswa. Mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK dan Tsanawiyah. Kemudian jumlah guru ada 4.500, tenaga pendidiknya berjumlah sekitar 3.000-an.

Dadang berharap bagi seluruh siswa yang sudah memasuki usia wajib agar berpuasa. “Tapi puasa tidak hanya menahan lapar dan haus. Namun termasuk menahan segalanya yang dilarang oleh agama pada jam-jam puasa. Jadi berpuasalah sesuai ketentuan Allah,” pungkasnya.***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT