Headline News

Jumat, 10 Januari 2020

Sebar 24 Motor Baca, Pemprov Jabar Harap Indeks Literasi Masyarakat Meningkat

Guna meningkatkan minat baca masyarakat Jawa Barat (Jabar), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar memberikan penghargaan kepada daerah yang telah aktif dalam gerakan literasi menggunakan Motor Baca. Salah satunya, Kota Sukabumi mendapatkan 1 unit Motor Baca yang diterima oleh Kepala Perpustakaan dan Kantor Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu sebagai apresiasi karena telah bergerak cepat memberikan layanan kepada masyarakat di bidang literasi.
Sebanyak 24 Motor Baca dibagikan untuk disebar ke 24 kabupaten / kota di Jawa Barat. Masing-masing daerah mendapatkan 1 unit Motor Baca. Keunggulan Motor Baca ini dapat memudahkan berbagai tempat / daerah menggunakan sistem antar jemput sehingga memudahkan masyarakat untuk membaca di mana saja.
Bandung, SIBER - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berharap, hadirnya Motor Baca dapat membantu daerah di Jawa Barat untuk ikut meningkatkan gerakan literasi. “Masyarakat Jawa Barat sudah membutuhkan melek literasi. Dengan membaca, ilmu mereka akan meningkat dan semakin cerdas, ”ujar Gubernur, pada acara Temu Pemimpin untuk Aspirasi Masyarakat (Tepas) di Gedung Negara Pakuan, Jln. Cicendo No. 1, Kota Bandung, Jumat (10/1/2020).
Melalui acara Tepas ini, Pemprov Jabar mendapatkan 10 masukan untuk meningkatkan budaya literasi. Terkait, pengembangan literasi yang ada di daerah-daerah yang dipindahkan. Namun, gerakan pengembangan literasi ini tidak bisa dipantau terus oleh pemerintah sehingga bisa dialihkan ke pemerintah kabupaten (pemkab) yang tersebar di Jawa Barat. Dengan begitu, diharapkan indeks membaca masyarakat Jabar meningkat dan terhindar dari berita-berita bohong.
“Kita memberikan pelayanan kepada masyarakat lewat gerakan literasi ini. Jawa Barat harus terus berkembang melalui kegiatan membaca dan menjadi daerah percontohan untuk daerah lain, ”tambah Emil, mencari temannya.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kersipan Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, mengingat rasa syukur karena daerahnya diapresiasi. "Sebelumnya, Kota Sukabumi memiliki satu gerakan literasi dengan nama Sukabumi. Gemar Membaca (Sugema) yang menyediakan ruang publik untuk membaca," katanya.
Selain itu, tambahnya, Kota Sukabumi juga menyediakan 4 perpustakaan keliling dan 1 unit roda dua sebagai sarana menyebarluaskan gerakan literasi. “Alhamdulilah, hari ini kita mendapat tambahan Motor Baca. Setiap hari, kami senantiasa memberikan layanan kepada masyarakat dan sekolah-sekolah. Namun, kami tetap memberikan pelayanan terbaik. Karena tujuan kami hanya satu, yaitu memberikan manfaat bagi masyarakat dan mencerdaskan bangsa, ”pungkasnya. *

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT