Headline News

Sabtu, 11 Januari 2020

SMAN 4 Kota Bandung Ciptakan Lingkungan Ideal

Bandung, SIBER - Menciptakan lingkungan belajar ideal merupakan impian setiap sekolah. Lingkungan yang sehat akan membuat warga sekolah nyaman sehingga kegiatan belajar mengajar pun akan berjalan optimal. 
Melalui Program Adiwiyata yang diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi upaya terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. Hal ini diperkuat peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata bahwa sekolah adiwiyata ialah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
Program Adiwiyata ini sudah diterapkan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kota Bandung guna mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan demi menciptakan kondisi yang baik dan nyaman bagi sekolah.
Warga sekolah juga harus bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Seperti yang disampaikan Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Humas SMAN 4 Kota Bandung, Karyawan, terdapat beberapa kegiatan yang dicanangkan sekolah untuk mendukung Program Adiwiyata tersebut.
Di antaranya, pemeliharaan taman secara rutin, kampanye nol sampah pada seluruh warga sekolah, penyediaan tempat sampah di setiap sudut sekolah, kampanye membawa alat makan dan minum dari rumah untuk menciptakan warga sekolah yang sehat serta mobilisasi sampah yang masih tersisa secara kontinuitas ke tempat pembuangan sampah dengan dukungan kendaraan sampah (motor sampah) milik sekolah.
“Tak hanya itu, sekolah juga mengadakan penghijauan dan program gerakan pungut sampah (GPS) setiap Senin dan Jumat di sekitar lingkungan sekolah,” ujar Karyawan, saat dihubungi, Sabtu (11/1/2020).
Menurut Karyawan, masuk kategori sekolah Adiwiyata Mandiri tidaklah mudah, banyak langkah yang harus dilewati. Kegiatan yang digulirkan saat ini merupakan tindak lanjut Program Adiwiyata yang dicanangkan. Tak hanya itu, sekolah juga menyisipkan pembelajaran mengenai lingkungan dalam mata pelajaran biologi.
“Saat upacara, setiap guru menyampaikan/menyisipkannya dalam mata pelajaran. Ada juga kerja sama dengan puskesmas terdekat untuk penyuluhan tentang kesehatan dan lingkungan,” tuturnya.
Karyawan juga berharap, warga sekolah mmapu meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekolahnya. Sehingga, terimplementasikan tata tertib sekolah yang berbasis pada 7K, yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kekeluargaan, kerindangan, dan kesehatan. “Tak hanya di sekolah, di lingkungan rumah juga begitu. Harapan kami, siswa SMAN 4 Kota Bandung bisa menjadi pelopor, menjadi narasumber kebersihan lingkungan di lingkungannya serta pro-aktif dalam setiap kegiatan lingkungan hidup di manapun mereka berada,” harapnya.*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT