Headline News

Senin, 02 Maret 2020

Belajar Menulis Artikel Berbahasa Sunda Bersama Wikimedia

Bandung, SIBER - Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Hal tersebut menggambarkan program yang dicanangkan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 9 Bandung bertajuk "Wikipedia Masuk Sekolah". Selain mengenalkan siswanya pada dunia tulis-menulis, kegiatan tersebut juga mengajak siswa untuk melestarikan bahasa Ibu/daerah dengan mengenal Wikipedia berbahasa Sunda.
Kegiatan yang dilakukan di Ruang Guru SMAN 9 Bandung ini, diikuti belasan siswa yang terdiri dari siswa ekstrakurikuler (ekskul) Barisan Literasi OK (Balok) 9 Bandung dan siswa non-ekskul. 
Guru sekaligus pendamping kegiatan, Yuma Yudhanaya menerangkan, kegiatan tersebut dilakukan setiap Sabtu secara berkala. Total, akan ada enam pertemuan yang telah dimulai sejak Sabtu (22/2/2020).
Pada pertemuan pertama, jelas Yuma, para siswa diperkenalkan tentang Wikipedia dan Wikimedia. Selanjutnya, mereka dikenalkan lebih mendalam seputar Wikipedia bahasa Sunda.
"Di pertemuan ketiga, siswa akan mendapatkan pelatihan teknik menulis artikel bahasa Sunda. Di minggu selanjutnya, tulisan mereka akan dievaluasi, baik oleh guru maupun panitia dari Wikimedia. Untuk dua pertemuan selanjutnya juga sama," ungkapnya, Senin (2/3/2020).
Selama pertemuan tersebut, siswa ditargetkan bisa menulis dua artikel dengan tema berbeda menggunakan bahasa Sunda. "Dua artikel tersebut, nantinya akan diunggah ke laman Wikipedia berbahasa Sunda. Jadi, siswa bisa menjadi kontributor di sana," imbuhnya.
Pembina Ekstrakurikuler (Ekskul) Barisan Literasi OK (Balok) 9 Bandung itu berharap, meski kegiatan ini berakhir, siswa tetap aktif menjadi kontributor Wikipedia, khususnya Wikipedia bahasa Sunda. "Dengan mengikuti kegiatan ini, semoga siswa berpartisipasi menjadi kontributor, sekaligus aktif menulis artikel bahasa Sunda," harapnya.  
Wikimedia Indonesia adalah organisasi nirlaba dan merupakan mitra lokal Wikimedia Foundation, pengelola situs populer dunia Wikipedia dan proyek-proyek wiki lainnya.*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT