Headline News

2 Maret 2024

DPRD Kota Bandung Bersama Urindo Jakarta Gelar Workshop Wartawan


Jakarta -
 Sekretariat DPRD Kota Bandung kembali menyelenggarakan workshop bagi wartawan Kota Bandung, kali ini berkolaborasi dengan Universitas Respati Indonesia (Urindo) Jakarta. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari di hotel Mercury Convention Center Ancol, Jakarta, dari Jumat hingga Sabtu (1-3 Maret 2024).

Dengan tema "Netralitas Pers Dalam Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024," workshop ini diresmikan oleh Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan, dengan pembicara utama Rektor Urindo, Prof. Dr. Tri Budi W Rahardjo, dan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Dr. Erwin Senjaya.

Workshop ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang diadakan sebelumnya, yang pertama kali diselenggarakan pada September 2023 oleh Setwan DPRD Kota Bandung dengan kerjasama yang sama. Kegiatan kali ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta, terdiri dari wartawan media cetak, televisi, radio, dan media online yang aktif meliput berita di Kota Bandung.

Ketua Pelaksana kegiatan, Eka Taufik Hidayat, menyatakan, workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman wartawan tentang netralitas dalam meliput berita terkait pemilihan kepala daerah.

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Edwin Senjaya, menekankan pentingnya netralitas pers dalam meliput Pilkada Kota Bandung. Menurutnya, wartawan harus menyajikan berita secara berimbang tanpa kecondongan pada salah satu Paslon.

Lebih lanjut, Edwin menekankan bahwa wartawan juga harus menyampaikan berita berdasarkan data dan nara sumber yang memiliki rekam jejak yang baik. Dengan demikian, ia yakin, Pilkada di Kota Bandung dapat berlangsung dengan jujur dan adil.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Bandung, Teddy Rusmawan, yang mengajak insan pers untuk tetap obyektif dalam menyampaikan informasi.

Teddy juga berharap para jurnalis dapat membantu mendorong program-program pembangunan di Kota Bandung agar dapat terealisasi sesuai rencana dan memberikan manfaat yang dirasakan oleh publik.

"Wartawan harus tetap kritis terhadap anggota dewan, namun tetap konstruktif," ungkap Teddy Rusmawan.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT